Pada hari Kamis (18/10/2018), kembali digelar perlombaan dalam rangka merayakan HUT ke 47 KORPRI. Kali ini Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kabupaten Sleman dan Dewan Pengurus KORPRI Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Dinas Kebudayaan menyelenggarakan Lomba Olahraga Tradisional dan Lomba Macapat.
Bertempat di Lapangan Pemkab Sleman, Dispora menggelar Lomba Olahraga Tradisional seperti gobag sodor, egrang, bakiak, senam kreasi hingga tarik tambang. Kepala Dispora Sleman, Drs. Agung Armawanta, MT, menjelaskan kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT KORPRI ke-47. Disebutkan juga bahwa kegiatan ini merupakan sarana rekreasi bagi anggota KORPRI Sleman, mengingat aktivitas kerja mereka yang tinggi. Selain itu, lomba ini juga merupakan sarana untuk melestarikan olahraga tradisional. Perlombaan berjalan meriah dan para peserta yang berjumlah kurang lebih 1200 orang, antusias mengikuti perlombaan ini.

Di lokasi yg berbeda, Dinas Kebudayaan menyelenggarakan Lomba Macapat Bagi ASN Sleman. Tercatat, ada 45 peserta yang mengikuti lomba ini. Sekretaris Dinas Kebudayaan, Edy Winarya, S.Sn, mengatakan bahwa Lomba Macapat ini sudah dilaksanakan rutin oleh Dinas Kebudayaan dengan tujuan untuk melestarikan budaya Jawa yang memiliki nilai-nilai luhur yang tinggi serta menjadi wadah untuk berekspresi dan berkreasi bagi ASN Kabupaten Sleman dalam mengembangkan seni Macapat. Selain harus melantunkan Sekar Wajib, peserta juga harus melantunkan Sekar Pilihan. Untuk Sekar Wajib adalah Dhandhanggula Kanyut Pelog Bem, sedangkan Sekar Pilihan adalah Mijil Sekarsih Slendro Manyura dan Sekar Pangkur Surangga Greget Slendro Manyura. Sekar pilihan diambil dari Serat Wulang Reh.