Berbeda dengan pelaksanaan Family Gathering tahun tahun sebelumnya, Family Gathering KORPRI Kabupaten Sleman 2019 ini dilaksanakan di tahun politik, yakni 4 minggu sebelum pelaksanaan pilpres dan pileg tanggal 17 April 2019, yakni pada hari Sabtu tanggal 23 Maret 2019 di Lapangan Desa Girikerto Kecamatan Turi.

Momentum ini sebagai peneguhan butir butir kewajiban anggota KORPRI yakni menjaga netralitas, solidaritas, dan soliditas anggota. Lebih dari itu family gathering KORPRI tahun ini harus bisa menghasilkan semangat kebersamaan, persatuan dan persatuan KORPRI Kabupaten Sleman. Sejalan dengan itu semua maka kegiatan family gathering KORPRI kali ini mengangkat tema “KORPRI bersatu Sleman Maju”.

Kegiatan ini secara simultan juga merupakan kelanjutan dari program pengembangan  dan peningkatan peran serta anggota korpri semua jajaran Unit KORPRI OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman dan Instansi Vertikal di Kabupaten Sleman.

Family gathering ini diselenggarakan dengan tujuan untuk :

  1. memberikan kesempatan refreshing anggota KORPRI dalam mengurangi resiko stress akibat tekanan dan beban rutinitas kerja.
  2. Menciptakan suasana kekeluargaan yang cair, kedekatan dan keakraban antar anggota KORPRI.
  3. Meningkatkan kualitas kesehatan dan kebugaran anggota KORPRI untuk mendukung keberhasilan dan kelancaran tugas kedinasan.
  4. Meningkatkan solidaritas, soliditas dan jiwa korsa anggota KORPRI dalam mendukung kesejahteraan bersama.
  5. Meningkatkan kepedulian anggota KORPRI dengan masyarakat yang belum beruntung melalui pemeriksaan kesehatan gratis dan pasar murah.
  6. Mengenalkan potensi desa wisata yang ada di Kabupaten Sleman, memupuk rasa bangga menjadi KORPRI Sleman, serta ikut meningkatkan perokonomian masyarakat sekitar lokasi Family Gathering.

Family Gathering KORPRI Sleman 2019 dikemas dalam bentuk kegiatan di luar ruangan/outing dengan konsep yang menyatu dengan masyarakat di lokasi kegiatan sekaligus memberikat dampak positif dan bermanfaat bagi lingkungan masyarakat di sekitar lokasi kegiatan antara lain :

  1. Senam massal
  2. Jalan sehat susur Sungai, menikmati keindahan pedesaan yang masih asri dan bersih, melihat langsung kondisi masyarakat dan lingkungan desa wisata sekaligus membeli produk-produk UKM masyarakat dalam rangka meningkatkan ekonomi lokal.
  3. Pemeriksaan Kesehatan gratis bagi masyarakat sekitar lokasi kegiatan dengan target pelayanan lebih dari 100 (seratus) orang.
  4. Pasar Murah dengan menyediakan paket sembako murah bagi 100 (seratus) orang warga kurang mampu di wilayah desa Girikerto Turi sebagai bentuk Kepedulain KORPRI Sleman terhadap masyarakat yang belum beruntung.

Hasil/Output yang diharapkan :

  1. Terjalinnya hubungan institusional dan personal yang harmonis antar anggota KORPRI sehingga terbangun kerjasama saling pengertian untuk mewujudkan kesejahteraan bersama.
  2. Hilangnya konflik dan friksi institusional dan personal antar anggota KORPRI akibat kompetisi jabatan, kesenjangan penghasilan, dan sifat ego yang tinggi sehingga terbangun semangat kekeluargaan, jiwa korsa dan kepedulian sosial antar anggota.

Terbangunnya karakter institusional dan personal anggota KORPRI yang didasari nilai nilai integritas, solidaritas dan soliditas.