Korpri Sleman tak tinggal diam menyusul adanya pandemi Covid-19. Dalam rangka ikut berkontribusi membantu masyarakat luas dalam melawan pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya membantu kekurangan sarana Alat Pelindung Diri (APD) Tim Medis Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sleman, Korpri menyalurkan bantuan berupa alat pelindung diri (APD) kepada Satgas Penanggulangan Covid-19 Sleman.

Penyerahan bantuan APD dilakukan oleh Bupati Sleman Sri Purnomo kepada Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Sleman yang juga tim Satgas Penanggulangan Covid-19 Sleman, dr Joko Hastaryo M.Kes. Satgas Penanggulangan Covid-19 Sleman.

Untuk tahap pertama ini, APD yang kami serahkan senilai Rp 49.100.000,” kata Plh Ketua Korpri Sleman, Arif Haryono disela-sela acara serah terima APD di Kantor Dinas Kesehatan Pemkab Sleman, Rabu (22/4/2020).

Menurut Arif, dari nilai dana sebesar Rp 49.100.000 dibelanjakan untuk keperluan berbagai kebutuhan APD. Yakni, hand sanitizer sebanyak 50 drigen, masker medis KN95 sebanyak 300 pcs, dan face shield sebanyak 220 pcs.

Arif menjelaskan, pada awal April lalu Korpri Sleman telah membuka program donasi untuk penanganan Covid-19.

Donasi itu berasal dari para anggota Korpri Sleman yang merupakan para aparatur sipil negara (ASN), Perangkat Desa dan pegawai BLUD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman. Dari program donasi tersebut terkumpul dana sebesar Rp 211.013.000.

Dari dana yang terkumpul tersebut, sebesar Rp 186 juta digunakan untuk pengadaan APD yang kemudian diberikan kepada Lembaga pelayanan kesehatan di Kabupaten Sleman antara lain RSUD Sleman, RSUD Prambanan, RSUD Darurat di Asrama Haji Ring Road Utara dan 25 Puskesmas se-Kabupaten Sleman.

Selain itu, ada pula dana yang dibelanjakan untuk pengadaan masker sebesar Rp 25 juta. Masker itu dibagikan kepada masyarakat dan anggota korpri yang bertugas di lapangan. Meliputi, warga yang ada di pasar tradisional, lembaga pelayanan publik, pelayanan kependudukan di kecamatan, dan lain sebagainya.

“Semoga bantuan APD, masker, hand sanitizer dan lain-lain tersebut dapat membantu tim petugas Penanggulangan Covid-19 Sleman dan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus Corona,” terang Arif.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengapresiasi kepedulian para anggota Korpri Sleman. Menurutnya, meskipun kebutuhan APD untuk rumah sakit dan puskesmas masih mencukupi untuk beberapa minggu ke depan, namun demikian, pihaknya akan tetap menerima bantuan APD dari masyarakat dan instansi yang ingin menyumbangkan APD untuk Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Sleman. Sebab, kebanyakan APD tersebut hanya dapat digunakan sekali pakai saja.

“Selama Covid-19 belum dapat dikendalikan, kebutuhan APD akan terus ada. Terima kasih kepada Korpri Sleman yang telah memberikan APD kepada Satgas Penanggulangan Covid-19 Sleman untuk mencegah penyebaran Covid-19,” terang Sri Purnomo.

Khusus bagi anggota KORPRI baik ASN maupun pegawai BLUD yang berada di garda terdepan sebagai Petugas Kesehatan  di Rumah Sakit maupun di Puskesmas, Bupati Sleman juga mengucapkan terima kasih dan apresiasinya atas komitmen memberikan pelayanan dan pengorbanannya dalam rangka melaksanakan tugas kemanusiaan ini.